Kamis, 20 Juni 2024

Gubernur Al Haris Hibahkan Dana Pengamanan Pilkada 5,8 Miliar Kepada Korem 042/Gapu

Senin, 10 Juni 2024 - 21:58:28
Istimewa

Istimewa

 

JAMBI - Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Korem 042/Garuda Putih, tentang Pelaksanaan dana hibah Penyelenggaraan Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Tahun 2024, bertempat di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (10/06/2024).
"Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menghibahkan dana untuk Pilkada 2024 kepada  Korem 042 Garuda Putih, tentang Pelaksanaan dan Penyelenggaraan Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Tahun 2024, sebesar Rp. 5,8 Miliar," ujar Gubernur Al Haris.
Gubernur Al Haris mengatakan bahwa kegiatan penandatanganan NPHD tersebut untuk mendukung kinerja TNI dilapangan dalam rangka mengamankan jalannya Pilkada agar berjalan lancar, aman, damai dan kondusif.
Gubernur Al Haris berharap pelaksanaan Pilkada pada tahun 2024 ini berjalan dengan baik dan lancar. "Kita mengharapkan pelaksanaan Pilkada 2024 ini berjalan dengan kondusif, berjalan dengan lancar, damai dan aman. Untuk itu peran TNI di tengah-tengah masyarakat sangat menentukan, bagaimana pendekatan TNI kepada masyarakat sampai paska pemilihan gubernur dan wakil gubernur nantinya sangat menentukan kedamaian dan keamanan di tengah Masyarakat, " ucap Gubernur Al Haris.
"Dana hibah ini sangat sangat mendorong kinerja bersama dalam pengamanan Pilkada disetiap daerah nantinya dalam melaksanakan koordinasi bagi pihak TNI yang melaksanakan tugas dilapangan, Pemprov siap berkerja sama demi keamanan dan kelancaran pilkada nantinya," sambung Gubernur Al Haris.
Dalam kesempatan tersebut Gubernur Al Haris juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Korem 042 Gapu atas kerja samanya selama ini dalam pengamanan Provinsi Jambi. "Saya ucapkan terima kasih kepada Komandan Korem bersama jajarannya yang telah berkerja sama selama ini dalam mengamankan Provinsi Jambi," kata Gubernur Al Haris.
Pada sesi wawancara Gubernur Al Haris menjelaskan, dalam penyelenggaraan pemilu, tentu ada dana pendukung untuk tugas tugas dilapangan nantinya. "Kita harus mengakui menjelang pelaksanaan Pilkada kondisi dan situasi harus dalam keadaan aman dan kondusif, artinya TNI mempunyai Babinsa yang ada di daerah-daerah juga punya Danramil, inilah tangan-tangan kita yang melakukan langkah-langkah bagaimana masyarakat itu bisa harmonis, damai ditengah masyarakat, yang bisa menciptakan isu-isu positif yang tidak memecah belah masyarakat sehingga berlangsunglah Pilkada yang damai dan kondusif. Untuk itu mereka perlu berkerja, memerlukan konsumsi, perlu operasional, tidak mungkin tenaga mereka berhari-hari dilapangan tidak kita perhatikan. Untuk itu dana kita hibahkan untuk teman-teman kita dilapangan ini agar tidak ada kendala,” pungkas Gubernur Al Haris. 
Sementara itu Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI Rachmad. S.I.P dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi atas hibah yang diberikan kepada Korem 042/Gapu dalam mendukung pelaksanaan pengamanan Pilkada di wilayah Provinsi Jambi.
"Saya ucapan terima kasih kepada Gubernur Jambi Al Haris atas bantuan hibah yang diamanahkan kepada TNI, dalam mendukung pelaksanaan yang sesuai dengan amanat undang-undang, mengamankan pelaksanaan pemilu yang akan diselenggarakan, akan berjalan dengan aman dan lancar," ujar Danrem.
“Korem 042/Gapu siap mengamankan jalannya Pilkada di Provinsi Jambi dengan optimal mulai dari tahap perencanaan sampai tahap akhir Pilkada, kami telah menyiapkan 1.200 personel dan akan terus berkoordinasi mulai dari tingkat bawah sampai tingkat Provinsi, tentu sinergi ini sangat dibutuhkan agar Pilkada Provinsi Jambi dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar,” tambah Danrem.