Kamis, 20 Juni 2024

Pemkab Batanghari Gelar Festival Panen Raya Karya Sekolah Penggerak Angkatan 2 dan 3

Selasa, 11 Juni 2024 - 12:42:57
Istimewa

Istimewa

 

MUARABULIAN – Pemerintah Kabupaten Batanghari menggelar kegiatan Festival Panen Raya Karya Sekolah Penggerak angkatan 2 dan 3 tahun 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Area Rumah Adat Kabupaten Batanghari pada Selasa (11/6/2024) tersebut, diikuti 29 Sekolah dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA.

Adapun giat tersebut menampilkan karya-karya dari para siswa-siswi yang dihasilkan setelah proses pembelajaran selama setahun mengikuti sekolah penggerak untuk menampilkan Projek, Penguatan, Profil, Pelajar, Pancasila (P5).

Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari, Muhamad Azan, SH dalam sambutannya mengatakan, Guru sebagai pelaku sekaligus penggerak pembangunan sumber daya manusia, memiliki peran dan tanggung jawab yang besar terutama dalam membentuk karakter generasi bangsa yang berbudi pekerti luhur sekaligus unggul dalam bidangnya.

Meski saat ini aktivitas pembelajaran dapat dilakukan melalui sarana teknologi yang memungkinkan terjadinya interaksi jarak jauh (daring), kehadiran seorang guru tidak serta merta dapat digantikan oleh perangkat teknologi itu karena suri tauladan dalam proses pembelajaran formal, menjadi aspek penting bagi perkembangan karakter para siswa,” kata Azan.

Kata Sekda, guru yang baik adalah guru yang selalu mengikuti perkembangan zaman, guru yang mampu membawa peserta didiknya belajar dalam situasi yang nyaman dan menyenangkan. Keberadaan guru penggerak diharapkan menjadi pemimpin pendidikan masa depan yang mampu membawa kelahiran generasi yang unggul. Guru penggerak sebagai pemimpin dalam proses belajar mengajar harus dapat membantu perkembangan siswa/i secara menyeluruh, aktif dan proaktif juga harus dapat memotivasi guru lain untuk menerapkan pendekatan belajar yang berfokus pada siswa dan menjadi contoh agar perubahan dalam ekosistem pendidikan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang ideal.

“Saya sangat mengapreasi kegiatan Festival Panen Raya Program Sekolah Penggerak yang dilaksanakan pada hari ini, karena peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu program prioritas yang digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten Batanghari,” ucapnya.

Sekda Azan menjelaskan, pendidikan merupakan aset terbesar yang berperan dalam membangun karakter siswa dan siswi karena pendidikan yang berkualitas dengan lingkungan yang bersih, asri dan nyaman didukung oleh tenaga didik yang profesional serta sarana dan prasarana yang memadai akan menghasilkan anak didik yang berkarakter dan cerdas, disiplin, inovatif dan kompetitif.

Azan mengajak mari kita kembangkan budaya sekolah yang menumbuhkan kemampuan untuk setiap siswa dan siswi, tak hanya pada aspek pembelajaran numerasi dan literasi dasar, namun perhatian pada aspek berfikir kritis, berkomunikasi dan berkreasi serta bekerjasama, karena siswa dan siswi akan berhadapan dengan tantangan yang berbeda dari generasi gurunya maka siswa dan siswi perlu mempersiapkan diri dengan kemampuan yang relevan pada tantangan jamannya nanti. Tentu ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya.

 

 
Penulis: Ist
Editor: Raden Denni