Rabu, 24 Juli 2024

Sekda Batanghari Muhamad Azan Sholat Idul Adha di Kelurahan Bajubang

Senin, 17 Juni 2024 - 19:05:27
Istimewa

Istimewa

 

BATANGHARI - Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari, Muhamad Azan, SH melaksanakan Sholat Idul Adha 1445 H di Kelurahan Bajubang, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Senin (17/06/2024).
 
Sekda Batanghari Muhamad Azan membacakan pidato tertulis Bupati Batanghari mengatakan, Idul Adha merupakan Hari Raya Haji. Tahun ini alhamdulillah Kabupaten Batanghari telah memberangkatkan Jamaah Calon Haji sebanyak 175 jamaah.
 
Azan mengajak para jamaah yang hadir marilah kita berdoa untuk jamaah haji khususnya jamaah haji Kabupaten Batanghari untuk di berikan kesehatan, kekuatan, kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan rangkaian ibadah haji di tanah suci, dan pulang dengan selamat serta dapat menyandang Haji Mabrur.
 
Dikatakannya, Idul Adha juga merupakan Hari Raya Qurban, yang mengandung makna yang sangat dalam bagi kehidupan kita bermasyarakat. Qurban filosofinya berkorban demi orang banyak dan kepentingan umum yang lebih baik. Didasarkan atas perjuangan Nabi Ibrahim.AS untuk mengorbankan putra tercintanya nya Nabi Ismail. AS atas perintah Allah (Surat As-Saffat ayat 102).
 
Sungguh besar cinta dan keimanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail terhadap Allah SWT. Dengan keikhlasan yang sangat besar, Allah memberikan ganjaran yang setimpal kepada Nabi tersebut, Nabi Ismail di gantikan seekor domba untuk di jadikan Qurban atas izin Allah.
 
Dengan ini, katanya, kita dapat memaknai apa yang kita punya dan cintai hanyalah titipan sementara saja, maka daripada itu kita harus bisa meningkatkan rasa berkorban demi Masyarakat dan orang banyak, dengan tidak pandang apapun kepentingan golongan/kelompok itu jika di yakinkan kepentingan itu bermanfaat baik bagi semua," katanya.
 
 
Penulis: Ist
Editor: Raden Denni