Jumat, 6 Desember 2019

Caleg DPR RI Asal Kerinci Terancam Tak Dapat Kursi

Rabu, 20 Februari 2019 - 16:58:11
ilustrasi

ilustrasi

KERINCI - Calon legislatif (Caleg) untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia asal Kabupaten Kerinci, terancam tidak mendapatkan kursi pada Pemilu tahun 2019 yang dilaksanakan 17 April 2019 mendatang. Hal ini dikarenakan persaingan ketat yang terjadi di Kabupaten Kerinci, termasuk Caleg dari Luar Kabupaten Kerinci.

Beberapa nama caleg asal Kerinci yang ikut bertarung pada Pemilu tahun 2019, yakni Tafyani Kasim, Yanti Maria serta sejumlah nama lainnya. Caleg untuk DPR RI asal Kerinci tersebut sulit bersaing, untuk mendapatkan kursi di DPR RI.

Selain karena jumlah caleg yang banyak, lantaran tidak hanya kedua caleg DPR RI asal Kerinci saja, Caleg asal Kota Sungai Penuh, yakni Dipo Ilham Djalil dan Muradi merupakan Caleg asal Kota Sungai Penuh yang memiliki banyak massa di Kabupaten Kerinci.

"Kondisi ini ditambah dengan adanya caleg dari luar Kerinci dan Kota Sungai Penuh yang masuk ke Kerinci dan Sungai Penuh, sehingga membuat jumlah suara bagi caleg asal Kerinci dan Sungai Penuh semakin sulit," ungkap Rudi, Pemerhati Politik Kerinci.

Dikatakannya, permasalahan lainnya juga dikarenakan caleg asal Kabupaten Kerinci yang terlalu monoton untuk meraup suara di Kabupaten Kerinci saja, tanpa berusaha merangkul massa dan meraup suara yang berada diluar Kabupaten Kerinci, seperti Merangin dan daerah lainnya.

"Kalau hanya mengandalkan suara asal Kerinci, sangat sulit karena jumlah suara di Kerinci tidak mumpuni membuat semua caleg di Kerinci duduk di Senayan," sebutnya.

Penulis: Oky
Editor: Chairudin