Rabu, 13 November 2019

Ribuan Surat Suara di KPU Tebo Rusak

Rabu, 13 Maret 2019 - 22:50:56
KPU saat menyortir surat suara pemilu kemarin..(f: Tarmizi)

KPU saat menyortir surat suara pemilu kemarin..(f: Tarmizi)

MUARATEBO - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tebo telah selesai melaksanakan Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara (Susu) dan ditemukan sebanyak lebih dari 6 Ribu Surat Suara dinyatakan Rusak. Hal ini langsung disampaikan oleh Komisioner KPU Tebo, Renaldi, pada Rabu (13/03/2019).

Dirinya juga menyampaikan, bahwa lebih dari 6 Ribu surat suara yang dinyatakan rusak tersebut sudah dilaporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Jambi.

"Kerusakan yang ditemukan tersebut meliputi, warna surat suaranya Pudar, dan juga ditemukan Surat suaranya Robek kemudian ditemukan juga tinta warna yang berada dipinggir-pingir surat suara," katanya.

Dari 6 ribu kertas suara yang rusak tersrbut, merupakan gabungan dari surat suara DPR Kabupaten, DPR Provinsi dan juga DPR RI. Sedangkan kerusakan nya meliputi  ada yang surat suara Tintanya Meleber, Robek dan juga tintanya memudar.

" Kerusakan surat suara tersebut didominasi oleh suara suara DPR RI, yang mencapai lebih dari 4 Ribu. Dan sudah dilaporkan ke KPU Pusat. Namun, KPU Tebo belum juga menerima kapan surat suara dikirimkan kembali ke Tebo," jelasnya.

Renaldi juga mengatakan, bahwa hingga saat ini surat suara untuk kertas suara DPD RI dan Capres Cawapres belum juga datang, " Saat ini KPU Tebo terpkasa menunggu pengganti surat suara yang rusak, selain itu kita juga masih menunggu surat suara untuk DPD RI dan Capres Cawapres. Setelah itu barulah kita akan membagi-bagi setiap TPS," Pungkas Renaldi. (Zie) 

 

Penulis: Tarmizi
Editor: Raden Denni