Jumat, 6 Desember 2019

Peserta USBN di SDN 154/I Talang Aro Minim

Rabu, 24 April 2019 - 14:50:33
Peserta USBN SDN 154/1 Talang Aro

Peserta USBN SDN 154/1 Talang Aro

MUARABULIAN – Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 154/I Talang Aro hanya diikuti  9 orang siswa, Rabu (24/4).     

Kepala SDN 154/I Talang Aro, Muhammad Elvi, S.Pd mengatakan, USBN siswa kelas VI di sekolah yang dipimpinnya saat ini hanya diikuti 9 orang siswa. Hal itu dikarenakan jumlah siswa di sekolah tersebut minim.

Meskipun demikian, Kepsek bersyukur karena jumlah siswa yang mengikuti USBN tahun ini bertambah.

" Tahun kemarin siswa kelas 6 hanya 6 orang, insya Allah tahun depan akan bertambah jika berpatokan jumlah siswa kelas 5 sekarang sebanyak 11 orang.” kata Kepsek.

Kepsek mengatakan, jumlah mata pelajaran yang di ujikan ada 3, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan jenis soal yang berbeda, yaitu pilihan ganda dan uraian.

Untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia jumlah soalnya 40 pilihan ganda dan 5 uraian, untuk mata pelajaran Matematika 30 pilihan ganda dan 5 uraian sedangkan IPA 35 pilihan ganda dan 5 uraian.

Sementara itu, tingkat kualitas soalnya sudah sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) USBN yang dikeluarkan oleh badan standar nasional pendidikn (BSNP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yaitu kurikulum irisan antara kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013.

“Untuk pengerjaannya, tergantung kepada siswanya, karena tingkat kemudahan dan kesulitan soal sudah di sesuaikan dengan kurikulum. Sebelumnya siswa sudah mendapat pelajaran tambahan” Katanya.

Diketahui juga, sistem pengawasan di lakukan secara silang dengan sekolah lain dalam satu gugus. Untuk pengawas USBN tahun ini 2 orang guru  dari SDN 121/I Muara Singoan.

Kepsek berharap, semoga siswa bisa lulus semua dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

“ Harapannya, untuk yang kelas 6 semoga mendapatkan hasil sesuai dengan yang di harapkan dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi,” tutupnya.

 

Penulis: Dwi
Editor: Raden Denni