Sabtu, 19 Oktober 2019

76 Balon Kades di Muarojambi Ikut Seleksi Tes Tertulis

Jumat, 20 September 2019 - 10:22:16
Raden Najmi kepala Dinas PMD kabupaten Muarojambi...

Raden Najmi kepala Dinas PMD kabupaten Muarojambi...

MUAROJAMBI - Sebanyak 76 orang Bakal Calon (Balon) Kepala Desa yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di kabupaten Muarojambi akan mengikuti pelaksanaan tes terakhir. Adapun pelaksanaan tes terakhir tersebut berkaitan dengan tes tertulis yang di laksanakan pada Kamis (19/9).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)Kabupaten Muarojambi, Raden Najmi.

Ia menyebutkan, bahwa pelaksanaan tes ini merupakan rangkaian yang dilakukan bakal calon Kepala Desa.

Adapun rangkaian tes ini dilakukan untuk 11 Desa dari 62 Desa yang mengikuti Pilkades Serentak. Ini karena di 11 Desa tersebut ada lebih dari lima orang yang mencalonkan diri menjadi calon kepala desa, sesuai dengan aturan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

"Jadi ini merupakan tahapan seleksi tambahan yaitu tes akademik yang di fasilitasi oleh Kabupaten Muarojambi yang dilaksanakan tim asessor dari BPSDM Provinsi Jambi," sebutnya, Rabu (18/9)

Dalam pelaksanaan ini setidaknya ada 76 orang bakal calon kades yang mengikutinya. Sementara itu pelaksanaan Pilkades serentak yang akan diadakan pada 11 November 2019 mendatang di laksanakan di 62 Desa yang ada di Kabupaten Muarojambi.

Lebih lanjut disampaikan oleh Raden Najemi bahwa usai pelaksanaan tersebut, pada hari yang bersamaan akan dilanjutkan dengan penyerahan hasil tes akademik kepada panitia desa.

" Panitia desa sudah membawa empat kriteria dari Bakal Calon yang terpenuhi. Panitia itu kami undang juga, jadi hari itu langsung Rapat Pleno Perangkingan," sebutnya.

Sementara itu ditambahkannya, bahwa nantinya pada Jumat (20/9) panitia desa akan mengumumkan bakal calon yang akan menjadi Calon Kades. Pada saat itu juga akan langsung dilakukan penetapan nomor urut calon kades.

" Itu nantinya juga langsung penetapan jumlah DPT," pungkasnya.(std)

 

Penulis: Sutan Muda Daulay
Editor: Riyan