Selasa, 2 Maret 2021

Gajah Liar Rusak Sejumlah Kebun Warga

Senin, 23 Desember 2019 - 12:20:51
Kawanan gajah liar memasuki permukiman warga di sungai Pesapuan RT.14 desa Kampung Baru,  kecamatan Batang Asam, kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kawanan gajah liar memasuki permukiman warga di sungai Pesapuan RT.14 desa Kampung Baru, kecamatan Batang Asam, kabupaten Tanjung Jabung Barat.

TANJABBARAT - Kawanan gajah liar memasuki permukiman warga di Sungai Pesapuan RT.14 desa Kampung Baru, kecamatan Batang Asam, kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Warga setempat mengatakan, gajah liar tersebut memasuki desa Kampung Baru, kecamatan Batang Asam dan merusak sejumlah kebun warga.

Belum tau pasti berapa jumlah gajah liar yang masuk ke pemukiman warga itu. Namun warga mengaku hal ini telah ditangani pihak Dinas Kehutanan yang turun langsung kelokasi, akan tetapi sayangnya hingga kini belum ada tindakan, hanya sebatas pemantauan saja.

"Warga cuma di suruh buat bedil mainan yang terbuat dari kaleng pakai spertus dan korek gas untuk mengusir gajah tersebut," ujar warga setempat yang enggan disebutkan namanya.

 

Keberadaan gajah tersebut membuat warga menjadi was-was, lantaran gajah liar tersebut masih menghantui warga bahkan telah merusak sejumlah kebun sawit warga.

Warga beharap pemerintah ataupun pihak terkait segera merespon cepat masalah kawanan gajah liar masuk permukiman warga tersebut.

Camat Batang Asam, Dian Ismali, membenarkan kejadian tersebut.

Kepada media ini Camat mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Tim BKSDA agar gajah liar itu di tangkap dan di kembalikan kehabitatnya," aku Camat.

Terpisa salah satu Tim dari BKSDA mengatakan, petugas sudah turun kelokasi dan hal inipun telah dilaporkan ke pimpinan.

"Kalau dilihat dari situasi di lapangan, petugas baru bisa melakukan monitoring dan melakukan sosialisasi ke warga sekitar,. Kemarin kita sudah menyampaikan tutorial cara membuat meriam spirtus untuk menghalau gajah," ungkap petugas dari Tim BKSDA.

Penulis: Deni Yusni
Editor: Kms Chairudin