Minggu, 5 Juli 2020

UASBN Diganti US, Sekolah di Batanghari Harus Buat Soal Sendiri

Selasa, 18 Februari 2020 - 15:38:29

MUARABULIAN - Pasca dikeluarkannya Permendikbud nomor 43 tahun 2019, Ujian Akhir Berbasis Nasional (UASBN) resmi diganti. Dalam permendikbud ini UASBN diganti menjadi Ujian Sekolah (US).

Kasi Kurikulum Disdikbud Batanghari Irsil Syarif diwawancarai diruang kerjanya mengatkaan, pada tahun pelajaran 2019-2020 ini UASBN resmi diganti menjadi ujian sekolah (US).

Dengan kebijakan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia untuk mardeka belajar US sekolah yang menentukan. Hal ini berdasarkan permendikbud 43 tahun 2019, bahwa US pada tahun 2020 kembali ke sekolah.

" Tidak terbelenggu dengan aturan pusat, US merupakan domakn sekolah, sekolah diberi kewengan penuh menulis soal sesuai dengan kaidah-kaidah yang telah berlaku," jelas Irsil kepada Batangharinews.com, Selasa (18/02/2020) kemarin.

Untuk mempersiapkan US ini disdikbud sudah melaksanakan pelatihan Diawal tahun 2020 ini. Beberapa waktu lalu, dinas telah melakukan pelatihan terhadap Guru SD dan SMP yang diikuti oleh 52 Guru SD Negeri dan swasta dan 60 Guru SMP Negeri/swasta.

Dalam pelatihan yang telah selesai Guru diajarkan bagaimana teknik penulisan soal, soal-soal Hots, analisi butir-butir soal dan penilaian. 

Namun kata Kasi Kurikulum bahwa pada US yang akan diselenggarakan sekolah ini permendikbud mengeluarkan edaran nomor 1 tahun 2020 poin C bahwa satuan pendidikan yang belum siap membuat soal ujian sekolah dapat membuat bahan penilaian (tes tertulis, tugas/bentuk tugas lainya) yang diperoleh berbagai sumber seperti soal yang dibaut Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

Berdasarkan data dari Disdikbud Batanghari pada tahun 2020 ini total siswa yang akan mengikuti US ditingkat SD Negeri sebanyak 5.230 SMP Negeri sebanyak kurang lebih 3.150. 

Diakhir wawancaranya Irsil berhapa agar dalam menghadapi pelaksanaan US inj sinegitas Sekolah dapat bersama-sama segala sesuatunya, agar Mardeka Belajar dapat tercapai bersama-sama.


Penulis: Chairudin
Editor: Elmirayyan
Sumber: www.batangharinews.con