Kamis, 2 Juli 2020

Jadwal Tes SKB CPNS Batanghari Ditunda

Jumat, 20 Maret 2020 - 10:56:52
Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepagawaian pada BKPSDMD Batanghari, Yudi Satya Nugraha, SE..

Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepagawaian pada BKPSDMD Batanghari, Yudi Satya Nugraha, SE..

 

MUARABULIAN – Jadwal pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS kabupaten Batanghari yang semestinya dimulai Maret ini, ditunda pemerintah pusat.

Penundaan tes SKB CPNS kabupaten Batanghari ini dibenarkan oleh Kepala Badan Kepagawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) kabupaten Batanghari, Mula P Rambe melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepagawaian, Yudi Satya Nugraha, SE saat dikonfirmasi media ini di Muarabulian, Kamis (19/3/2020).

Yudi berujar, jika Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi RI, melalui Surat Nomor B/318/M/SM.01.00/2020 tanggal 17 Maret 2020 yang bersifat segera, perihal penundaan jadwal pelaksanaan SKB seleksi CPNS Formasi tahun 2019.

Salah satu rujukan penundaan berdasarkan Surat Kepala BKN Nomor K 26-30/V 205-4/99 tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan CPNS Tahun 2019. Status Tanggap Darurat Bencana Nasional non-Alam Pandemi COVID-19 yang ditetapkan pemerintah.

Namun pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tetap dilaksanakan sesuai jadwal, yaitu tanggal 22-23 Maret 2020 melalui Portal resmi Penerimaan CPNS tahun 2019 masing-masing instansi.

“Berkaitan dengan pelaksanaan SKB setelah SKD, berdasarkan surat dari Menpan kita ada penundaan pelaksanaan SKB. Dari semula dimulai dari tanggal 25 Maret sampai tanggal 10  yang khususnya untuk kabupaten Batanghari dan beberapa daerah yang direncanakan pada tanggal 5-6 April diundur sampai batas waktu yang belum ditentukan. Jadi menunggu dari Panselnas dulu, kapan jadwal berikutnya,” kata Yudi.

Ditanya kapan diumumkannnya hasil SKD CPNS Batanghari, Yudi mengaku, tetap sesuai jadwal.

“Kalau untuk hasil pelaksanaan SKD kemarin, berdasrkan surat dari Menpan disebutkan bahwa kita tetap sesuai jadwal. Jadi tangal 22 sampai 23 Maret 2020 kita mengumumkan hasil dari SKD berdasarkan dari hasil Panselnas,” jawab Yudi.

Berkenaan dengan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), Yudi mengaku bahwa instansi kabupaten Batanghari akan menggunakan CAT BKN saja dan tidak ada dilakukan bentuk tes lainnya.

“Kalau untuk pelaksanaan SKB Batanghari, karena kita tidak ada penerimaan Formasi seperti Satpol PP atau Damkar, kita tetap menggunakan sistem CAT, karena memang itulah standar pelaksanaan penerimaan CPNS,” jelas Yudi menutup.

"Pelaksanaan SKB ditunda sampai dengan ditetapkannya kebijakan lebih lanjut berdasarkan akan dilaksanakan oleh Panselnas yang hasilnya akan diinformasikan," tandasnya.

Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan