Rabu, 8 Juli 2020

Dinilai Tidak Logis dalam Penyampaian, Pelayanan Dukcapil Dikeluhkan Warga

Selasa, 02 Juni 2020 - 11:51:01

TANJAB BARAT - Dinilalai tidak logis dalam penyampaian yang dilakukan salah satu oknum pegawai Ducapil, ketika memberikan pelayanan terhadap warga dalam pengurusan membuat keluhan warga. Pasalnya, warga Kualatungkal dihadapkan dengan wa whattsapp saat ingin berurusan dengan dukcapil.

Hal ini dialami Akbar salah satu warga yang baru saja menyelesaikan sekolahnya di SMA. Dia terkendala dengan aturan yang dinilai merumitkan pemohon.

Disebutkannya, pelayanan yang menggunakan baju biru dan masker itu memberi jawaban kepadanya. "Tdak bisa mengeluarkan suket (surat keterangan ktp sementara) dengan alasan yang tidak masuk diakal," kata Akbar selaku pemohon.

"Anehnya lagi, yang harus memberikan pelayanan humanis tersebut menyuruh bertanya ke wa yang sudah di tempelkan di meja bagian depan," tambah Akbar.

Hal sama juga dituturkan pemohon Nurmalisa putri yang beralamat dijalan Bangkinang Kualatungkal. Saat ia baru sampai di meja depan hendak memasukan pendaftaran pembuatan suket, terlihat linglung dan bingung.

"Mengapa kita disuru bertanya ke whattsapp? Padahal ada pelayanya disini. Sudah itu tak bisa pula buat suket," ujar Putri.

Sementara terpisa kepala Dinas Ducapil Tanjab Barat, Drs H Azwar MM, saat dikonfirmasi  perihal rumitnya pengurusan suket di Dinas yang di nakhodainya ini mengatakan, memang sejak Januari 2020 surat edaran dari Dirjen Dukcapil untuk tidak lagi mengeluarkan suket dengan alasan Blangko sudah tidak tersedia di Kabupaten/Kota dan proses pencetakanya bisa selesai dalam satu hari.

Kadis Ducapil juga merasa galau untuk mencari solusinya. Disamping ada edaran dari Dirjen, tinta alat perekam juga sedang kosong," tuturnnya.

 

Penulis: Deni Yusni
Editor: Riyan