Sabtu, 24 Oktober 2020

Merangin Peringati Hari LH Sedunia 2020

Kamis, 08 Oktober 2020 - 12:02:35

 

MERANGIN - Kabupaten Merangin memperingati hari Lingkungan Hidup (LH) sedunia 2020. Acara yang berlangsung sederhatan itu, dipusatkan di Ujung Tanjung, Muaro Masumai, Merangin, Kamis (08/10)
Pada acara yang dihadiri Forkopimda dan sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Merangin tersebut, Plt Bupati Merangin, H. Mashuri dalam sambutannya membacakan pidato Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Hj. Siti Nurbaya.
Pidato setebal 10 halaman itu, mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk selalu melindungi dan melestarikan keanekaragaman kekayaan khayati Indonesia dan pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.
Indonesia jelas H Mashuri , merupakan rumah bagai sejumlah besar spesies flora dan fauna yang kaya akan sumber daya genetic dengan tipe ekosistem berlimpah. Tercatat bahwa Indonesia memiliki 720 spesies mamalia, 1.605 spesies burung,
Selain itu sebanyak 409 spesies amfibia, 723 spesies reptil, 1.900 spesies kupu-kupu, 197.964 spesies invertebrate, 3.982 spesies hymenoptera menghuni ekosistem daratan dan laut Indonesia.
‘’Dalam hal keanekaragaman flora, Indonesia telah mengindentifikasi 91.251 jenis tumbuh-tumbuhan berspora dan 19.232 spermatophyta dari sekitar 30.000-40.000 yang ada di Indonesia,’’ jelas Plt Bupati.
Peringatan hari lingkungan hidup sedunia itu, diakhiri dengan penanaman bibit pohon di Bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Merangin dan menabur benih ikan jenis Semah dan Gurami oleh Plt bupati dan Forkopimda di Sungai Batang Merangin.
‘’Mudah-mudahan pohon yang kita tanam ini cepat membesar, sehingga berfungsi menjadi pohon pelindung dan benih ikan yang kita tebar juga cepat besar bermanfaat bagi masyarakat Merangin,’’ harap H Mashuri.
Aksi menanam sejuta pohon itu diharapkan Plt bupati, hendaknya dilanjutkan oleh seluruh elemen masyarakat, sehingga  kedepan Merangin akan semakin hijau dengan pohon pelindung.
Penulis: Doni Sobri
Editor: Riyan