Sabtu, 23 Januari 2021

Fraksi PAN Apresiasi Pemkab Muarojambi Naikkan Gaji Guru Honorer

Rabu, 02 Desember 2020 - 12:16:01


MUAROJAMBI – Fraksi PAN DPRD Muaro Jambi berhasil memperjuangkan kenaikan gaji para guru honorer K2 dan Nonkategori yang ada di Lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi.
Keberhasilan Fraksi PAN meningkatkan gaji para guru honorer K2 dan Nonkategori terungkap melalui Pendapat Akhir Fraksi PAN di sidang paripurna pengesahan Ranperda APBD Muaro Jambi Tahun Anggaran 2021 yang berlangsung pada Senin (30/11/2020).
Juru bicara Fraksi PAN, Robinson Sirait melalui pendapat akhir fraksinya menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Muaro Jambi khususnya kepada Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro dan Wakil Bupati Muaro Jambi, Bambang Bayu Suseno yang telah menanggapi pemandangan Fraksi PAN untuk menaikkan gaji guru honorer K2 dan Nonkegori.
“Semoga bermanfaat, tentu ini tidak lepas dari perjuangan sahabat kami Pak Ulil Amri selaku senior pendidikan yang terus berjuang untuk memajukan pendidikan di Muaro Jambi,” kata Robinson Sirait, Senin (30/11/2020).
Fraksi PAN turut meminta agar Pemkab Muaro Jambi membayarkan gaji guru honorer dan Nonkategori setiap bulan. Pembayaran sudah harus dilaksanakan setiap bulan mulai tahun depan. Tidak seperti yang terjadi tahun-tahun sebelumnya. Yang mana pembayaran gaji dilaksanakan per tiga bulan.
“Kami mohon agar dibayarkan setiap bulan mulai tahun depan. Apapun caranya, mekanismenya mohon dibayarkan setiap bulan. Karena itu hak mereka, supaya mereka merasakan kesejahteraan,” ujar Robinson Sirait.
Dinas Pendidikan dan Kebudayan Muaro Jambi sendiri mengajukan pagu sebesar Rp17 Miliar lebih di Ranperda APBD 2021 untuk mengakomodir usulan dari Fraksi PAN. Anggaran sebesar Rp17 Miliar lebih itu dialokasikan khusus untuk menaikan gaji guru honorer K2 dan Nonkategori.
Adapun kenaikan gaji yang diusulkan di antaranya untuk guru PAUD, TK dan SMP. Guru PAUD yang selama ini menerima honor Rp300 per bulan naik menjadi Rp400 ribu per bulan, guru SD sebesar Rp600 per bulan naik menjadi Rp800 ribu per bulan, dan honor guru SMP dari Rp16 ribu per jam naik menjadi Rp18 ribu per jam. 

Penulis: Sutan Muda Daulay
Editor: Riyan