Selasa, 30 April 2024

5 Desa Belum Serahkan Rekapitulasi APBDes

Minggu, 19 Mei 2019 - 17:54:19
Kepala Bakeuda Batanghari, Muhammad Azan SH..

Kepala Bakeuda Batanghari, Muhammad Azan SH..

MUARABULIAN - Badan keuangan daerah (Bakeuda) kabupaten Batanghari belum bisa menyalurkan Dana Desa tahap pertama untuk 5 Desa.

Hal ini disebabkan 5 desa tersebut belum menyerahkan rekapitulasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Kepala Bakeuda Kabupaten Batanghari, M Azan mengatakan, rekapitulasi APBDes sebagai syarat formal pencairan Dana Desa.

Pihaknya baru menyerahkan kelengkapan dokumen permintaan pencairan Dana Desa ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jambi untuk 105 desa. Dimana saat ini 105 desa tersebut sudah bisa melakukan pencairan dana desa tahap pertama tahun 2019.

" Dari 110 desa yang ada, 5 desa diantaranya belum menyelesaikan APBDes untuk pencairan dana desa tahap pertama," kata Azan, kepada media ini, Jum'at (17/5).

Dia mengaku belum bisa menyebutkan 5 desa yang belum menyerahkan rekapitulasi APBDes tersebut.

" Saya lupa desa mana saja 5 desa itu. Tapi yang 105 lainnya sudah bisa melakukan pencairan dana desa tahap pertama tahun ini," ujarnya.

Menurutnya, biasanya setelah dokumen persyaratan pencairan APBDes diserahkan ke KPPN Jambi, kata Azan, dana desa sudah pasti bisa diterima desa-desa yang telah melengkapi persyaratan.

Terhadap 5 desa yang belum mengirim persyaratan pencarian berupa rekapitulasi APBDes, Azan mengimbau perangkat desa segera mungkin melengkapi.

" Kita akan tetap menunggu pihak desa melengkapi, jangan sampai ada kendala dalam proses pencairan DD tahap pertama ini," ujarnya.

" Kita juga sudah berkoordinasi dengan dinas PMD agar berkoordinasi dengan pihak kecamatan agar desa yang bersangkutan segera menyelesaikan APBDes nya," tutupnya.(mon)

 

Penulis: Mon
Editor: Riyan