Selasa, 30 April 2024

Bupati Batanghari Buka Acara Peningkatan Direktur BUMDES dan Kades Tahun 2019

Sabtu, 20 Juli 2019 - 19:53:50
Bupati bersama direktur BUMDES.....

Bupati bersama direktur BUMDES.....

 

MUARABULIAN – Bupati Batanghari, Ir Syahirsah Sy pada Kamis (18/7/2019) kemarin, membuka cara peningkatan kapasitas Direktur Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan kepala desa (Kades) dalam rangka pengelolaan dan pengembangan Bumdes tahun 2019.

Dalam kesempatan itu bupati mengatakan, dalam peraturan bupati nomor 2 tahun 2019, juga menempatkan pendirian dan penyeretan modal Bumdes sebagai salahs atu prioritas bidang pemberdayaan masyarakat desa pada kegiatan pengelolaan usaha ekonomi produktif serta pengelolaan sarana dan prasarana ekonomi.

Kondisi eksisting pengelolaan dana desa saat ini menunjukkan bahwa kualitas dan kuantitas baik itu perencanaan, pelaksanaan dan monitoring evaluasi dan data harus tetap diupayakan perbaikannya secara berkesinambungan,” katanya.

Khusunya perencanaan dan pelaksanaan Bumdes, lajut bupati, dirinya berpendapat perlu disusun dan dikembangkan instrumen-instrumen yang lebih spesifik sehingga peningkatan kuantitas dan kualitas perencanaan, pelaksanaan, monitoring, data, efektifitas kerja efisiensi penggunaan dana efisiensi penggunaan waktu, sehingga good governance di pemerintah desa dapat tercapai dengan baik.

“ Saya berharap dengan dilakukannya rangka rapat koordinasi peningkatan kapasitas bagi kades dan pengurus Bumdes tahun 2019 ini, selain bentuk komitmen daerah untuk mendorong Bumdes di kabupaten Batanghari sebagai salahs atu motor penggerak ekonomi masyarakat di desa dan juga sekaligus mendorong desa untuk lebih mengoptimalkan Bumdes sebagai salah satu sumber pendapatan bagi desa,” pungkas bupati.(mon)

Penulis: Mon
Editor: Riyan