Sabtu, 20 April 2024

Antisipasi Lonjakan Harga Daging, Disbunnak Tanjabbar Siapkan 10 Ekor Sapi

Selasa, 19 Mei 2020 - 11:22:23

 


TANJABBARAT - Antisipasi terjadinya lonjakan harga daging sapi menjelang hari raya Idul Fitri, Pemkab Tanjabbarat melalui Dinas Pekerbunan dan Peternakan (Disbunak) Tanjabbarat siapkan 10 ekor sapi siap untuk dipotong.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Tanjabbarat, Ir. Melam Bangun, Senin (18/5/20).

Kita telah diskusikan bersama pemotong hewan yang ada di pasar beberapa kecamatan, seperti pemotong hewan pasar Kecamatan Pengabuan, Senyerang dan Tungkal Ulu.

Menurut dia, operasi pasar daging Sapi akan dilakukan untuk mengantisifasi atau menekan terjadi  tingginya harga daging sapi yang dijual oleh para pedagang disaat  jelang Hari Raya Idul Fitri. 

"Masalah stok dipastikan aman, masyarakat jangan khawatir, hanya persoalan harga  biasanya menghadapi lebaran ada oknum  pedagang Nakal yang sengaja mempaatkan  momen hingga mainkan harga sesuka hatinya,untuk itu  antisipasinya kita lakukan operasi pasar," ujarnya.

Melam menjelaskan harga daging jelang lebaran diprediksi mencapai Rp140.000 dan 150.000 ribu per kilogramnya, untuk menekan harga itu, kita Disbunak telah menyiapkan 10 ekor sapi siap potong, harga 1 kilognya kita jual nantinya Rp 130.000 ribu.

Untuk saat ini pasaran tertinggi harga jual daging sapi Rp 140.000 ribu perkilonya. Itu berdasarkan diskusi kita bersama beberapa pemotong hewan dipasar kecamatan," katanya saat dikonfirmasikan melalui via telpon.

 

Penulis: Deni Yusni
Editor: Riyan