Sabtu, 1 Oktober 2022

Ketua DPRD: Keberadaan Ormas Berperan Aktif Bersama Pemda Membangun Jambi

Kamis, 11 Februari 2021 - 15:53:23
Istimewa

Istimewa

 

JAMBI - Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, mengatakan ormas memiliki kontribusi dalam membangun sebuah Negara. Di Jambi pun keberadaan ormas berperan aktif bersama pemda ikut membangun Jambi.

Hal tersebut dikatakannya saat menjadi nara sumber dalam kegiatan Gelar Peran dan Fungsi Ormas, dalam Ikut Serta Pembangunan Daerah Provinsi Jambi Tahun 2021 yang digelar Kesbangpol Provinsi Jambi, Kamis (11/2).

Edi mengaku sangat bahagia sekali dapat bertatap muka dengan rekan-rekan ormas. Ia mencontohkan di Jambi organisasi NU dan Muhamadiyah ada bagian pendidikan, pembinaan dan mejelis yang dimiliki hingga tingkat kecamatan dan desa, bergerak untuk mengedukasi masyarakat.

"Saya berpesan bagaimana ormas berperan besar untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dan bagaimana ormas menjadi garda terdepan untuk menjaga 4 pilar kebangsaan, sehingga menjadi satu kesatuan yang dijaga dan dipelihara dengan baik," kata Edi.

Apalagi kata Edi, Negara Indonesia didirikan oleh tetesan darah dan air mata semua komponen, dari semua suku, ras dan agama berjuang untuk NKRI. Sehingga tugas masyarakat Indonesia saat ini adalah menjaga agar Negara bisa mewujudkan cita-cita besar dari pendiri bangsa.

"Untuk melindungi segenap jiwa raga, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan bangsa juga terlibat terhadap perdamaian dan keadilan sosial. Harus bergandengan tangan pemerintah dan ormas untuk mewujudkan hal tersebut. Di Jambi alhamdulillah cukup baik, jangan sampai di Jambi muncul juga gerakan yang memecah belah persatuan dan kesatuan kita," tegasnya.

Kabid Ormas dan Lembaga Perwakilan, Drs. Atmajaya mengatakan, keberadaan ormas sejak abad ini memiliki kedudukan yang strategis bagi proses kebangsaan dan pembangunan.

"Keberadaan ormas mampu menunjukan aspirasi bagi anggotanya dan masyarakat, untuk terus berkarya bagi kepentingan bersama yang berasaskan Pancasila dan UUD 1945,” kata Atmaja.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 25 perwakilan ormas di Provinsi Jambi, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, wawasan bagi pengurus ormas sesuai dengan peraturan undang-undang.

"Serta mempererat antara ormas dengan ormas, dan ormas dengan pemerintah, dan meningkatkan kapasitas anggota ormas bagiaman peran dan fungsi ormas dalam ikut serta membangun daerah," katanya lagi.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi, Mukti Sa’id mengatakan, diawal tahun 2021 kembali mengadakan kegiatan pembinaan ormas, memanggil ormas-ormas sebagai mitra pemerintah, karena Pemprov Jambi yang terdaftar di Kesbangpol Provinsi Jambi sebanyak 584 ormas, baik yang terdaftar di Kemendagri maupun Kemenkumham.***

Penulis: Istimewa