Jumat, 29 Maret 2024

Sekda Minta Semua Pemangku Kepentingan "Gotong Royong" Antisipasi Mencegah dan Menghadapi Bencana

Rabu, 07 April 2021 - 20:11:21

 

JAMBI - Pemerintah provinsi Jambi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan Bimtek trauma healing pasca bencana di wilayah provinsi Jambi tahun anggaran 2021.
 
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, H.Sudirman mengatakab, bimbingan teknis trauma healing pascabencana di wilayah provinsi jambi tahun anggaan 2021 ini merupakan bagian dari kegiatan pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana sub kegiatan penanganan pascabencana, dalam upaya penanganan bencana yang sistematis, terpadu dan terkoordinasi.
 
 
"Moment ini diharapkan lebih mempererat silaturrahmi dan meningkatkan koordinasi kita dalam rangka pemulihan dan peningkatan bidang sosial ekonomi, khususnya penanganan korban psykis pascabenana di provinsi jambi," kata Sekda saat membuka acara tersebut pada Rabu (7/4), bertempat di hotel Abadi.
 
 
Dilanjutkan Sekda, maksud dan tujuan pelaksanaan bintek trauma healing pascabencana di wilayah provinsi Jambi ini adalah bagaimana penanganan korban pascabencana yang traumanya akut yang dapat menimbulkan kehilangan akal sehatnya.
 
 
Secara garis besar tujuan dari kegiatan ini adalah melaksanakan bimbingan teknis kepada dinas kesehatan kabupaten, tenaga medis, BPBD dan petugas fungsional dinas sosial, kependudukan dan pencatatan sipil yang diharapkan nantinya dapat berpartisipasi menyumbangkan tenaga, pemikiran dan fasilitas yang diperlukan,  dan mewujudkan aparatur penanganan dan penanggulangan bencana yang profesional terutama dalam hal penanganan korban pascabencana.
 
 
Sekda menekankan bahwa semua stakeholder, semua pemangku kepentingan, harus benar-benar sinergis, harus bersatu padu dalam mengantisipasi dan menghadapi jika terjadi bencana, terutama bagaimana menangani para korban bencana.
 
 
“Sesuai regulasi yang ada, penanggulangan bencana menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.
 
 
Penulis: M. Tami
Editor: Riyan
Sumber: Diskominfo Provinsi Jambi