Rabu, 28 September 2022

Bupati Muaro Jambi Hadiri Rapat Paripurna HUT Provinsi Jambi ke-65

Minggu, 09 Januari 2022 - 19:19:53

 

 

MuaroJambi - Bupati Muaro Jambi, Hj. Masnah Busro, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi dalam rangka Memperingati Hari Jadi Provinsi Jambi yang ke-65.

Paripurna HUT Provinsi Jambi ke-65 ini berlangsung meriah, juga dihadiri oleh Jaksa Agung RI, Burhanuddin, para Gubernur se-Sumatera, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Rumania merangkap Moldova Irjen. Pol. Pur. Muhammad Amhar Azeth.

Selain itu juga hadir, para anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Provinsi Jambi, Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi, Sekda, para Camat, Forkopimda Provinsi Jambi dan Forkopimda Kabupaten/Kota serta para pengurus LAM Jambi dan Tokoh Masyarakat.

Bupati Hj. Masnah Busro menuturkan, pembangunan di Muaro Jambi sejalan dengan kemajuan pembangunan Provinsi Jambi. Baik dari segi industri dan perdagangan, sektor perkebunan dan pertanian, ekonomi kreatif, hingga pariwisata. Semua itu dimiliki oleh Muaro Jambi.

"Kita patut berbangga menjadi daerah penopang yang juga ikut membangun Jambi. Daerah kita adalah daerah perindustrian, jalur perdagangan, kita punya Pelabuhan Talang Duku, sebentar lagi Muaro Jambi juga akan dilalui jalan tol, juga Candi Muaro Jambi, ini aset wisata kebanggaan kita yang sudah mendunia, potensinya sangat luar biasa", ungkap Bupati.

Gubernur Jambi, Al Haris, dalam sambutannya menegaskan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, telah membuat rencana induk Sungai Batanghari. Bahkan sudah dilakukan pengecekan dan ke depannya akan dilakukan pembangunan.

"Sungai Batanghari sangat panjang dan lebar, sehingga sangat potensial ke depannya sebagai alternatif untuk angkutan batu bara. Semua itu sudah ada dalam pemikiran Pak Menteri,’’ ujar Gubernur.

Gubernur menyebutkan pula, begitu juga dengan Bandara Sultan Thaha Jambi, yang ke depannya akan menjadi bandara embarkasi haji penuh. Sedangkan Bandara Bungo dan Bandara Kerinci akan menjadi bandara haji antara. Kemudian pembangunan jalan tol Palembang-Jambi juga akan segera dilakukan, termasuk program rel kereta api Sumatera yang melewati wilayah Provinsi Jambi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya menyampaikan, Kementerian Perhubungan akan tetap konsisten dalam membangun sarana transportasi, baik darat, sungai, laut dan udara.

"Jambi adalah provinsi yang sangat potensial untuk dikembangkan, yang akan berkontribusi untuk Indonesia. Aparatnya begitu kompak dan usulan-usulannya begitu bagus, sehingga saya sangat mengapresiasi dengan Jambi ini,’’ ujar Menteri Budi Karya.

Pada paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto tersebut, juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Pemprov Jambi dengan Pemprov Sumbar, Kepri, Riau, Babel, Bengkulu dan Sumsel.

Penulis: Sutan Muda Daulay
Editor: Riyan