Rabu, 24 Juli 2024

Ini Delapan Poin Penting Pesan Gubernur ke H Mukti

Jumat, 22 September 2023 - 13:41:11

 

MERANGIN - H Mukti resmi dilantik Gubernur Jambi H Al Haris sebagai Penjabat (Pj) Bupati Merangin satu tahun kedepan, di Auditorium rumah dinas gubernur Jambi, Jumat pagi (22/9/23).
Pada pelantikan Pj Bupati Merangin yang dihadiri Bupati Merangin, H. Mashuri dan Wabup Nilwan Yahya yang pada Jumat (22/9/23) pukul 24.00 WIB akan mengakhiri masa tugasnya, Gubernur Jambi menitipkan delapan poin penting ke H Mukti.
Kedelapan poin penting itu pertama. ’’Kepada H Mukti yang terpenting disadari adalah tugasnya melanjutkan seluruh tugas-tugas Pemerintahan dengan baik,’’ ujar Gubernur pada acara yang dihadiri Wagub Jambi H Abdullah Sani.
Kedua lanjut H Al Haris, ciptakan situasi yang kondusif, aman, nyaman dan tertib, sehingga proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 berjalan dengan baik dan lancar. ‘’Itu amanah negara. Amanah Mendagri," tegas Gubernur.
Tugas pokok H Mukti sambung H Al Haris, disamping tugasnya sebagai Pj Bupati Merangin, tetapi yang paling penting adalah persiapkan Pemilukada serentak di daerahnya  secara baik dengan situasi yang kondusif aman nyaman dan tertib.
‘’Itu yang paling pokok sekali. Tugas Pj bupati itu diberikan setahun, kita lihat kedepan nanti. Yang jelas sampai akhir Desamber 2024, kita berharap semua proses politik  sudah selesai semua,’’ pinta Gubernur.
Sedangkan poin ketiga, H Mukti diminta gubernur dapat menjalin hubungan baik dengan unsur Forkopimda dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Merangin, karena tugas Pj Bupati itu berat, tidak ada wakil hanya ada Sekda.
‘’Jadi walaupun Pj Bupati Merangin itu diangkat tidak dipilih oleh masyarakat, tapi jabatannya juga jabatan politis, sehingga harus bisa merangkul semua eleman lapisan masarakat Merangin dengan baik,’’ jelas Gubernur.
Pesan gubernur poin keempat, H Mukti harus bisa menciptakan kondisi di internal pegawai dengan baik, sehingga para pegawai di jajaran Pemkab Meangin bisa lebih nyaman dalam bekerja.
Pada pelantikan yang berlangsung khidmat tersebut, gubernur pada poin kelima minta H Mukti serius menurunkan angka stunting, kemiskinan ekstrim dan poin ketujuh mampu mengendalikan inflasi.
‘’Inflasi ini sangat mempengaruhi kestabilan daerah,’’ terang H Al Haris. Sedangkan poin terakhir gubernur minta ke H Mukti mampu menurunkan angka pengangguran.
Terpisah, di Bangko para pejabat di jajaran Pemkab Merangin menyaksikan acara pelantikan Pj Bupati Merangin secara virtual yang digelar Dinas Kominfo Kabupaten Merangin, di Aula Bappeda Merangin.
‘’Alhamdulillah seluruh rangkaian acara pelantikan Bapak Pj Bupati Merangin dapat kami ikuti sampai tuntas secara virtual,’’ ujar Kadis Kominfo Merangin, M Arief dibenarkan Asisten II Setda Merangin, Suherman.
Acara menyaksikan pelantikan Pj Bupati Merangin lewat layer lebar itu, juga diikuti 24 orang camat di Kabupaten Merangin dan sebanyak 205 kepala desa serta 10 orang lurah. Hadir juga para tokoh agama dan tokoh masyarakat Merangin.

 

 
Penulis: Doni Sobri
Editor: Riyan