Kamis, 20 Juni 2024

Kadis Kominfo Batanghari Buka Rakerda IJTI Pengda Jambi Tahun 2024

Selasa, 06 Februari 2024 - 15:03:06

 

MUARABULIAN – Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) pengda Jambi menggelar rapat kerja daerah (rakerda) pertama tahun 2024. 

Rapat kerja yang digelar di ruang kaca rumah dinas Bupati Batanghari, Selasa (6/2/2024) itu dibuka oleh Kadis Kominfo Kabupaten Batanghari, Amir Hamzah.

Beliau mengapresiasi dan mendukung atas terselenggaranya rapat kerja IJTI. Dan diharapkan kedepan IJTI dapat mendukung pembangunan daerah Provinsi Jambi dan Kabupaten Batanghari

“Kita perlu melakukan edukasi informasi yang cerdas kepada masyarakat. Karena beda, ketika masyarakat mendapatkan informasi dari koran, media online dan tv, karena disini ada video,” ujarnya.

Amir mengatakan, dalam mengerjakan tugasnya IJTI bekerja secara profesional dan mengedepan kode etik dalam membuat berita. Media juga harus menjadi referensi bagi masyarakat. Terutama saat pemilu saat ini, peran pers sangat besar dalam menjaga kondusifitas dan menangkal hoaks.

“Karena media perlu menjaga kepercayaan publik, dan untuk menjaga itu harus membangun jurnalisme positif," ujarnya.

Ketua IJTI pengda Jambi Adrianus Susandra mengatakan, rakerda ini digelar untuk membahas program setahun kedepan, terutama untuk pengembangan kemampuan anggota.

“Uji kompetensi jurnalis, salah satu program utama kita. Kita ingin semua anggota IJTI memiliki kemampuan yang sama dan berkompeten,” ujar Adrianus.

Sementara itu Joni Firdaus, ketua panitia rakerda tahun ini mengatakan, rakerda mengangkat tema membangun jurnalisme positif dan kemerdekaan pers. Kegiatan ini juga menjadi rakerda pertama IJTi semenjak dilantik, dan Batanghari menjadi penyelenggara.

“Tema rakerda kita kali ini, menumbuhkan jurnalisme positif dan menjaga kemerdekaan pers," ungkasnya.(*)

 
Penulis: Istimewa
Editor: Raden Denni