Senin, 20 Januari 2020

Satu Orang Da'i Senior Lengser

Selasa, 07 Januari 2020 - 09:28:35
Satu orang da’i senior (da’i 2019) yang ikut menjadi peserta tes sebagai da'i yang bertugas di Batanghari pada tahun 2020 dikabarkan tidak lulus tes alias gugur.

Satu orang da’i senior (da’i 2019) yang ikut menjadi peserta tes sebagai da'i yang bertugas di Batanghari pada tahun 2020 dikabarkan tidak lulus tes alias gugur.

MUARABULIAN – Satu orang da’i senior (da’i 2019) yang ikut menjadi peserta tes sebagai da'i yang bertugas di Batanghari pada tahun 2020 dikabarkan tidak lulus tes alias gugur.

Sumber yang dipercaya kepada media ini mengaku, bahwa dari 127 orang da’i 2019 yang ikut tes da’i untuk ditugaskan pada tahun 2020 ini, terdapat satu orang dinyatakan tidak lulus.

Da'i itu di istirahatkan bukan karena tidak lulus tes maupun berdasarkan hasil laporan dan evaluasi pengawas da'i kabupaten dilapangan, akan tetapi dikarenakan yang bersangkutan diketahui bertuags sebagai Paswascam di salah satu Kecamatan.

“Ada satu orang da’i lama (2019) yang tidak diluluskan pada tes da’i kemarin. Beliau bukan tidak lulus dalam tes, tapi terkendala beliau juga seorang Panwascam,” kata sumber yang dipercaya, namun tidak mau disebutkan namanya saat dikonfirmasi media ini pada Senin (6/1/2020).

Sumber ini mengakui, bahwa hasil tes da’i tersebut sudah disampaikan kepada Pemkab Batanghari dan tinggal menunggu pengumumannya saja.

“Hasilnya sudah, mungkin belum diumumkan masih menunggu tandatangan pak Sekda,” ujar Sumber.

Sumber menjelaskan, dari 130 orang yang lulus tes itu, terdapat 126 orang da’i lama (2019) dan 4 orang dai baru.

“Sebelumnya Batanghari ada 128 orang da’i, di tahun 2020 ini ada penambahan 2 orang da’i baru, jadi totalnya menjadi 130 orang,” ujarnya.

Terkait pengumuman hasil tes da’i itu, Kabag Kesos Setda Batanghari, Syukri belum berhasil dikonfirmasi. Menurut informasi dari salah satu stafnya mengatakan, bahwa yang bersangkutan sedang menghadiri rapat seleksi kafilah MTQ di Kemenag Batanghari.

“Pak Kabag lagi rapat seleksi kafilah MTQ,” katanya.

Seperti diwartakan media ini baru-baru ini, bahwa pemerintah Batanghari telah melakukan tes terhadap 157 peserta untuk menjadi da'i yang akan ditugaskan pada tahun 2020 di seluruh wilayah Batanghari. Dari hasil tes tersebut, terdapat lebih kurang sebanyak 130 orang peserta dinyatakan lulus tes da'i. Sementara 27 orang lagi dipastikan gugur.

Sekedar mengingatkan, bahwa proses perekrutan da'i kemarin, pertama pemerintah Batanghari melalui Bagian Kesos Setda Batanghari melakukan pembukaan pendaftaran bagi calon da'i untuk mengikuti tes. Dari data yang ada tercatat sebanyak 158 orang yang mendaftar. Dari 158 orang itu, terdapat 127 orang da'i lama (2019) dan 30 orang calon da'i baru.

 

Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan