Jumat, 7 Agustus 2020

KPU Batanghari Laksanakan Gerakan Coklit Serentak

Sabtu, 18 Juli 2020 - 13:34:01
Istimewa

Istimewa

 

MUARABULIAN - KPU Batanghari hari ini Sabtu (18/7/2020) melaksanakan Gerakan Coklit Serentak (GCS) yang diawali dengan Apel Kesiapan PPDP di setiap jajarannya.
 
Ketua KPU Batanghari, A. Kadir bilang, Apel Kesiapan PPDP akan dilanjutkan dengan pencocokan dan penelitian (coklit) Pemilihan Serentak 2020. Tahapan ini, kata Kadir akan berlangsung sampai tanggal 13 Agustus 2020.
 
"Coklit adalah kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dengan menemui pemilih secara langsung atau door to door. Hasil dari proses coklit akan menjadi bahan KPU dalam menyusun daftar pemilih Pilkada," ujar Kadir.
 
Kadir juga mengungkapkan dalam rangka memulai tahapan tersebut, KPU sebelumnya juga sudah menggelar Gerakan Klik Serentak (GKS) pada Rabu(15/7/2020) dan hari ini melaksanakan Gerakan Coklit Serentak (GCS). Gerakan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih Pilkada 2020.
Kadir juga menjelaskan masyarakat dapat mengecek data diri mereka dengan mengakses laman https://www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Masyarakat cukup memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) atau nama di laman tersebut untuk mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai pemilih di Pilkada.
 
"Meski demikian, konfirmasi ditetapkannya sebagai pemilih tetap melalui coklit oleh PDP sesuai UU dan Peraturan KPU yang mengatur tentang pencocokan dan penelitian melalui PPDP," tegasnya.
Penulis: Elmir Rayyan/Istimewa
Editor: Riyan