Rabu, 3 Juni 2020

PPDB 2020 Tetap Prioritaskan Jalur Zonasi dan Afirmasi

Senin, 13 Januari 2020 - 10:38:20
Ilustrasi.

Ilustrasi.

BATANGHARI - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 tetap memprioritaskan jalur zonasi dan afirmasi. Meski ada perubahan nilai persentasenya, tetapi kalau dicermati, zonasi dan afirmasi masih mendominasi.

Dalam Permendikbud 44 Tahun 2019 tentang PPDB disebutkan, jalur zonasi paling sedikit 50% dari daya tampung sekolah. Sedangkan jalur afirmasi paling sedikit 15% dari daya tampung sekolah. Untuk jalur perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak 5%.

“Jika masih terdapat sisa kuota dari jalur zonasi, afirmasi, dan perpindahan tugas, pemerintah daerah dapat membuka jalur prestasi,” kata Kabid Dikdas, Zulfadli sebelum dilantik sebagai Kadis Perpustakaan.  

Dia menambahkan, jalur prestasi tidak berlaku untuk jalur pendaftaran calon peserta didik baru pada TK dan kelas 1 SD.

Menurutnya, jalur pendaftaran PPDB baik jalur zonasi, afirmasi, pindah tugas, dan prestasi dikecualikan untuk beberapa sekolah yaitu Sekolahyang diselenggarakan oleh masyarakat, SMK yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah, Sekolah Kerja Sama, Sekolah Indonesia di luar negeri, Sekolahyang menyelenggarakan pendidikan khusus, Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan layanan khusus, Sekolah berasrama, Sekolah di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar dan terakhir Sekolah di daerah yang jumlah penduduk usia sekolah tidak dapat memenuhi ketentuan jumlah peserta didik dalam satu Rombongan Belajar.

“Pengecualian ketentuan jalur pendaftaran PPDB bagi sekolah, di daerah yang jumlah penduduk usia sekolah tidak dapat memenuhi ketentuan jumlah peserta didik dalam satu Rombongan Belajar, ditetapkan pemda dan dilaporkan kepada direktur jenderal yang menangani bidang pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah.

Penulis: Kms Chairudin
Editor: Riyan