Jumat, 19 April 2024

Al Haris: FKPAI Pejuang Garda Depan Syiar Ajaran Islam

Rabu, 23 September 2020 - 13:39:51

 

MERANGIN - Penyuluh Agama Islam adalah pejuang yang berada di garda terdepan dalam mensyiarkan ajaran Agama Islam di tengah-tengah masyarakat.
Hal tersebut ditegaskan Bupati Merangin, H. Al Haris ketika mengukuhkan para pengurus Forum Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kabupaten Merangin masa khidmar 2020-2023, di Auditorium rumah dinas bupati Merangin, Selasa (22/9).
‘’FKPAI selaku juru Pemerintah dalam bidang keagamaan, punya peran yang sangat strategis. Mereka ini adalah penyambung lidah kita, yang langsung tiap harinya bertemu dengan masyarakat di daerahnya masing-masing,’’ ujar Bupati.
Sebagai Penyuluh Agama Islam, lanjut bupati, harus update, semua informasi menyangkut kondisi saat ini harus lebih dahulu tahu dan menyampaikan kepada masyarakat, jangan sampai masyarakat jadi gagal paham.
Pada kesempatan itu, bupati menyerahkan kendaraan roda dua untuk operasional  FKPAI Kabupaten Merangin. Para pengurus FKPAI Kabupaten Merangin yang dikukuhkan, Husni Mubarok sebagai Ketua Umum, Sekretaris Umum Muhammad Riki dan Bendahara Jamilah Musthafa.
Husni Mubarok mengaku berterimakasih kepada bupati, Kemenag Merangin, atas suport dan dukungan terhadap acara pengukuhan itu. ‘’Semua ini adalah tantangan yang besar buat kami kedepan. Bagaimana mengoptimalisasi kegiatan keagamaan di daerah-daerah,’’ terangnya.
Sementara itu Kepala Kemenag Kabupaten Merangin H Marwan Hasan mangatakan, bukan hanya FKPAI Merangin saja yang tersanjung dengan pemberian fasilitas kendaraan, tapi juga  seluruh Kantor ementrian Agama Merangin.
‘’Besar sekali perhatian Bapak Bupati terhadap Agama. Kita ada 148 orang penyuluh agama dan sebanyak 13 orang penyuluh agama fungsional. Mari kita tingkatkan frekuensi dan efektivitas kerja kita dengan memperluas hub kerja dgn berbagai pihak, diantaranya dengan para dai kecamatan se-Kabupaten Merangin,’’ tandas Marwan Hasan.
Penulis: Doni Sobri
Editor: Riyan