Rabu, 28 September 2022

Kadinkes Sebut Patuhi Protkes Lebih Efektif Cegah Covid-19

Rabu, 03 Februari 2021 - 10:39:35

 

MUARABULIAN – Kepala Dinas Kesehatan Batanghari menyebut, penerapan Protokol Kesehatan (Protkes) dinilai merupakan cara yang cukup efektif untuk meredam penyebaran virus corona atau Covid-19.

Untuk itu, Kadinkes mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Batanghari untuk tetap mematuhi protokol kesehatan atau protkes. Langkah ini dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang masih ada saat ini.

Ajakan ini disampaikan Kadinkes Batanghari, dr. Elfi Yennie, MARS saat ditemui media ini di Muarabulian, Senin (1/2/2021).

Dia mengatakan dengan mematuhi protokol kesehatan maka penyebaran virus corona bisa diminimalkan. Mulai dari selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun hingga menjaga jarak aman.

“Perhatikan betul lah, paling tidak yang tiga M itu harus benar-benar kita laksanakan. Menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan, itu tiga hal yang pokok sekali,” ujar Elfi Yennie.

Dikatakannya, dengan masyarakat tertib dan menaati protokol kesehatan penyebaran virus corona Insya Allah bisa diminimalkan. Sementara di pihak pemerintah kita terus mengefektifkan semua kegiatan kita terkait penerapan disiplin dan penegakan protokol kesehatan ini.

“Jadi yang bisa mencegah penyebaran Covid-19 itu adalah pelaksanaan protokol kesehatan, itulah yang mencegah. Vaksinasi itu adalah mencegah timbulnya penyakit akibat Covid-19, akibat tertular Covid-19, itu sebenarnya, jadi meskipun sudah di vaksin masih ada kemungkinan kita terkena,” jelas Elfi Yennie.

Elfi Yenie juga mengaku, sampai saat ini untuk pencapaian vaksinasi di Batanghari cukup baik. Dimana dari sasaran yang kita data untuk se Batanghari itu ada 1864 sasaran vaksinasi, kemudian yang sudah melakukan registrasi jumlahnya 697 dan dari 697 itu yang layak 476, yang tunda 78, dan yang tidak layak 143. Sehingga total pencapaian kita sampai tanggal 30 Januari 2021 sebanyak 25,6 persen dari sasaran,” tuturnya.

Elfi juga bilang, bahwa pihaknya mentargetkan bahwa bulan Februari ini seluruh Nakes sudah tervaksinasi,” kata Elfi menutup.

Penulis: Elmir Rayyan
Editor: Riyan