Rabu, 24 Juli 2024

Batanghari Dapat Tambahan TIK Untuk Enam Sekolah

Selasa, 29 November 2022 - 10:19:53

 

MUARABULIAN - Jelang akhir tahun 2022 Kabupaten Batanghari mendapat tambahan Alat Teknologi informasi komputer (TIK). Bantuan TIK ini diberikan lansung oleh kementrian pendidikan melalui dana APBN 2022. 
 
Hal ini dibenarkan, Kepala dinas pendidikan dan kudayaan Kabupaten Batanghari Zulfadli,M.Pd melalui Kasi Sarana Prasana, Irsil Sarif, Senin (28/11/2022). 
 
Ia menyebutkan, bantuan tambahan TIK ini diberikan untuk enam Sekolah Dasar (SD) negeri di Batanghari, atas dasar verifikasi dari data pokok pendidikan (Dapodik). Kemudian diterbitkan SK dari kementrian pada bulan september lalu. 
 
"Bantuan TIK ini satu paket setiap sekolah ada 15 unit,  telah diterima sekolah pada awal november kemarin," ujar Irsil. 
 
Bantuan melalui dana APBN tersebut tentunya menambah kekurangan sekolah yang belum memiliki penunjang pembelajaran tersebut. Dipaparkan irsil dari total penambahan untuk enam SD itu, artinya persentase sekolah yang mendapat bantuan TIK hingga tahun 2022 ini kurang lebih 80 persen. 
 
"Khusus SD tahun ini melalui APBD ada mendapat 108 sekolah yang mendapat bantuan TIK, Ditambah enam sekolah dan tahun sebelumnya, mencapai 150 sekolah dari total 204 SD yang ada," ujarnya. 
 
Lanjut ia mengatakan, hanya sedikit lagi sekolah yang belum memiliki Sarana TIK ini. Kemungkinan besar melalui dana DAK 2023 dan verifikasi dapodik tahun depan bisa tuntas. Terkait SMP sudah sepuhnya memiliki TIK ini. Hanya saja tinggal SMP swasta yang belum terpenuhi itupun hanya beberapa sekolah lagi. 
 
Dijelaskan lebih lanjut, kegunaan TIK ini bukan hanya untuk pelaksanaan ANBK, namun juga di mamfaatkan untuk kegiatan penunjang pembelajaran lain. 
 
"Saya berharap, dengan era digital ini sekolah dapat memamfaatkan pembelajaran dengan TIIK ini," pungkas irsil. 
Penulis: Kms. Hairuddin
Editor: Riyan