Sabtu, 21 September 2019

Ini Pernyataan M Haviz Usai Datangi Kantor DPC PDI-P Batanghari

Selasa, 03 September 2019 - 17:31:07
M Haviz Fattah Saat mendatangi kantor DPC PDIP Batanghari, Selasa (03/09/2019)

M Haviz Fattah Saat mendatangi kantor DPC PDIP Batanghari, Selasa (03/09/2019)

MUARABULIAN -  Setelah menyatakan sikap untuk bertarung di Pilkada kabupaten Batanghari 2020 mendatang, M Haviz Fattah yang merupakan putra mantan Bupati Batanghari dan anak Wakil Bupati aktif Sofiah Yusuf, Selasa (3/9) sekira pukul 14.00 Wib mendatangi kantor DPC PDIP Batanghari yang berlokasi di Pal 3 Muarabulian.

Haviz tiba dilokasi didampingi istri yang juga terpilih sebagai anggota DPRD Batanghari dari PAN, serta didampingi pengurus PAN Batanghari.

Kedatangan Putra Almarhum H Abdul Fattah tersebut, untuk mengambil formulir pendaftaran penjaringan bakal calon Bupati Batanghari 2020 mendatang. Ketua PDIP Batanghari Akmal, beserta pengurus PDIP lainnya menyambut hangat kedatangan Haviz dan rombongan. Haviz merupakan Balon pertama yang mengambil formulir penjaringan dikantor DPC PDIP Batanghari.

Usai penyerahan Formulir kepada PDIP Batanghari, M Havis diwawancara awak media mengatakan, Setelah mendengar PDP Batanghari telah membuka Penjaringan untuk pencalonan Kepala Daerah Batanghari 2020, tentunya hari ini dirinya datang sebagai sikap bahwa menunjukkan kesungguhan untuk bertarung pada Pilkada 2020 nanti.

“ Hari ini kami mengambil formulir, namun tadi saya sudah komunikasi sama ketua PDIP Batanghari, katanya terakhir pengembalian formulir tanggal 16. Tentunya ke depan akan kami lengkapi dulu persyaratan-persyaratan ini dan untuk masalah teknis kedepannya kita serahkan karena PDIP punya aturan tersendiri,” ucap Haviz.

Haviz juga berharap kepada PDIP kedepata dapat bersama-sama dalam memperjuangkan bagaimana untuk memenangkan Pilkada ke depan. “ Karena kami mempunyai visi untuk membangun kembali Batanghari 2020, kami harap PDI juga dapat bersama-sama menjadikan perjuangan ini adalah tujuan kami bersama,” tegas Haviz.

Untuk partai lain saat ini kata Haviz, komunikasi sudah dibangun, hanya saja, memang untuk pertama kali membuka penjaringan ini baru PDIP. “ Jadi  secara resmi kami mengambil formulir dan mengikuti teknis aturan yang ada di partai ini,” tukasnya.

Putra Wabup Batanghari Sofiah ini, juga optimis karena dilihat dari persyaratan-persyaratan rasanya tidak ada yang jadi masalah. “ Tadi ada salah satu poin persyaratan DPD itu menyerahkan hasil survei dan kami anggap survei kami pun punya nilai juallah adanya. Artinya angka kami mungkin itu  bisa dapat menjadi acuan kedepannya nanti bagi PDIP sendiri,” pungkasnya.

Terpisah ketua DPC PDI Perjuangan Batanghari Akmal menyampaikan, DPC ini hanya sebatas Penjaringan artinya kami berkomunikasi dengan semuanya. Siapa yang mau mendaftar itu terbuka baik kader internal partai maupun bukan kader partai, tentu bagi PDI Perjuangan mengutamakan kader partai.

“ Tentu kedepan kita terus  berkomunikasi, apa bisa kader partai itu adalah calon Bupati bisa kader partai itu adalah calon wakil bupati. Kalau misalnya nanti tidak ada kader partai tentu ada orang yang dihadirkan sebagai kader partai, yang kedua bagi PDI Perjuangan kita mengutamakan calon yang punya komitmen untuk membangun Kabupaten Batang Hari ke depan sehingga Batang Hari ini bisa maju bisa lebih baik dari yang sudah-sudah,” sebutnya.

Untuk pengambilan formulir penjaringan, baik untuk Balon Bupati maupun Balon Wakil Bupati akan berakhir pada 16 September mendatang. " Iya, pembukaan pengambilan formulir penjaringan bakal calon Bupati dan wakil Bupati, dimulai pada 2 September dan berakhir 16 September mendatang. Setelah masa pendaftaran berakhir, dan Balon menyerahkan formulir, maka formulir penjaringan akan kami serahkan kepada DPD dan DPP. Untuk saat ini baru M Haviz yang mengambil formulir penjaringan. Keputusannya nanti tergantung pada DPP PDI-P siapa yang berhak untuk diusung dari berbagai Balon yang sudah mendaftar," kata Akmal Ketua DPC PDI-P Batanghari.

Lebih detilnya, Siapa nanti yang diusung tentu ada mekanisme internal partai melakukan fit and proper test yang dilakukan oleh DPD PDIP Perjuangan Provinsi Jambi. Tentu nanti juga dapat proper test yang dilakukan oleh DPP PDIP Perjuangan Siapa yang diusung nanti tentu adalah kewenangan penuh dari pada DPP PDI perjuangan.

“ Tentu mekanisme ini kita jalankan nanti tanggal 16 selesai pengembalian formulir tentu kami sampaikan, Siapa yang sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah mekanismenya kita akan sampaikan,” pungkasnya.

Persyaratan-persyaratan yang harus mereka lengkapi, Akmal menyebutkan, salah satu persyaratan tertentu berdasarkan dengan undang-undang partai politik dan PKPU tentang pencalonan, itu artinya semuanya mulai dari KTP ijazah LHKPN segala macam dan lain-lain. “ Kemudian juga ada komitmen dari pada calon terhadap partai PDI Perjuangan bahwa ideologi kita yaitu ideologi Pancasila dan itu yang harus kita utamakan ke depan bahwa Pancasila itu adalah ideologi bangsa jadi jangan lagi ada ideologi-ideologi yang lain,” tandas Ketua DPC PDI-P Batanghari.

 

Penulis: Kms Chairudin
Editor: Ryan