Minggu, 25 Oktober 2020

APM Ikuti Seminar Pertanggung jawaban Publik Konsorsium PERMAMPU

Selasa, 01 September 2020 - 11:46:09

MERANGIN - Aliansi Perempuan Merangin (APM) Senen (31/8/2020) siang menjelang sore  mengikuti Seminar Virtual pertanggung jawaban publik konsorsium PERMAMPU. Selain APM konsorsium Perempuan Sumatera Mampu (PERMAMPU) terdiri dari gabungan LSM Perempuan di Pulau Sumatera. Diantaranya Flower Aceh - Aceh, PERSADA - SUMUT, PPSW Sumatera - Riau, LP2M - Sumbar, APM - Jambi, Cahaya Perempuan WCC - Bengkulu, WCC Palembang - Sumsel, dan DAMAR - Lampung.


Permampu telah melaksanakan program Advokasi Hak Kesehatan Seksual & Reproduksi (HKSR) untuk perempuan di Pulau Sumatera. Untuk itu seminar setengah hari  dengan menghadirkan suara perempuan  akar rumput dampingan PERMAMPU  dan para pendukung, bertujuan untuk memperkenalkan pendekatan PERMAMPU  dan cerita keberhasilan dan tantangan program dari perspestif perempuan akar rumput bersama para pihak yang selama ini mendukung Advokasi HKSR.

Tidak hanya itu, pertanggung jawaban PERMAMPU terhadap publik, akan tetapi juga  mendorong dukungan pemerintah serta seluruh pihak terkait untuk keberlanjutan Advokasi HKSR, khususnya di Pulau Sumatera.

Seminar virtual   dengan moderator Sonya Helen Sinombor -Jurnalis Senior Kompas juga  mengahdirkan pembicara kunci, Agustina Deputi Pemberdayaan Gender pada Kementrian Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak RI.

Dari sekian banyak pembicara,   Direktur APM - Jambi  Ibu Sualjimah bertindak sebagai pengantar Keluarga HKSR “ Belajar bersama keluarga untuk kesehatan seksual dan reproduksai anak”

Sementara tanggapan pemerintah/mitra dari Merangin, Nurhasanah, SIP Kabid Pemberdayaan Perempuan  Kabupaten Merangin secara jelas mengatakan kerjasama dengan APM selama ini sangat membantu dalam mengatasi permasalahan yang ada, terutama perkawinan usia anak.

Masih dari Merangin, tampil satu-satunya anggota DPRD wanita di Merangin  yaitu Sri Amin dari Fraksi PDIP yang selama ini mendukung kegiatan APM dan Hana Septi Kusumaningrum dari Forum Perempuan Muda Tingkat Provinsi Jambi. Untuk Merangin APM juga menampilkan Champions keluarga HKSR tingkatmProvinsi Jambi Siti Zulaikah dan Sukimin.

Seminar virtual dihadiri sekitar 100 orang perwakilan seluruh kelompok dampingan dan para pihak yang bekerjasama mendukung advonkasi HKSR selam ini, mendapat tanggapan yang positif dari Gubernur Bengkulu H. Rohidin Marsyah, MMA, serta Bupati Kabupaten Dairi SUMUT DR. Eddy KelengAte Berutu dan Bupati Seluma, Bengkulu H. Bunda Jaya, SH. MH.

Direktur Aliansi Perempuan Merangin – Jambi Ibu  Aljimah mennggapi keberhasilan PERMAMPU setelah lima tahun berjalan mengatakan  banyak peningkatan kapasitas personil APM. “ Karena di PERMAMPU ada prinsif saling berbagi daya dan saling belajar, anti diskriminatif  menjadi modal kekuatan  bersama untuk menuju Perempuan Sumatera Otonom  Sehat dan Kreatif, “ tandas Ibu Aljimah. 

Penulis: Doni Sobri
Editor: Chairudin