Sabtu, 19 Oktober 2019

Prihatin Kemarau Panjang, Kapolres Batanghari Bersama Santri Shalat Minta Hujan

Kamis, 19 September 2019 - 00:32:58

MUARABULIAN - Kepolisian resor (Polres) Batanghari, Jambi, bersama santri pesantren, Polsek jajaran, TNI dan purnawirawan, Rabu (18/9) sekira pukul 7.30 WIB menggelar salat istisqa.

Ustadz Samsuri mengimami salat istisqa di lapangan hijau Polres Batanghari yang dihadiri Kapolres Batanghari AKBP Moh Santoso. Sedangkan bertindak sebagai khatib adalah Ustadz Hariyanto. 

Kapolres Batanghari AKBP Moh Santoso dihadapan jemaah salat istisqa menyampaikan bahwa kegiatan rohani ini dilakukan untuk memohon kepada Allah SWT agar Kabupaten Batanghari segera diberikan hujan.

""Kita umat manusia adalah makhluk ciptaan-Nya yang memiliki banyak kekurangan dan kelemahan. Kita hanya bisa berusaha, namun wajib berserah diri dan memohon kepada sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Kuasa," ujar Santoso. 

Ia mengaku prihatin kemarau panjang yang melanda khususnya dalam wilayah Kabupaten Batanghari, menyebabkan kekeringan dan berkurangnya sumber air bersih untuk memenuhi hajat hidup masyarakat.

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa mengabulkan doa dan permintaan kita sehingga Kabupaten Batanghari dapat kembali segar dan berseri," katanya. 

Sementara khotib dalam tausiyah menyampaikan banyak manusia bersikap sombong dan bangga dalam melaksanakan maksiat menjadi salah satu penyebab Allah SWT menahan turunnya keberkahan berupa hujan. 

"Kita selaku umat islam marilah perbanyak Istigfar, bertaubat dan mohon ampun kepada Allah SWT. Sebab, ada 5 macam bala bencana yang Rasulullah minta perlindungan Allah, salah satunya adalah datangnya kemarau. Marilah saling memaafkan, jangan putuskan tali silaturahim sesama manusia," kata Ustadz Hariyanto.

Penulis: Kms Chairudin/ist
Editor: Riyan