Sabtu, 21 September 2019

Dinas PMD Akan Tindaklanjuti Soal Desa Pematang V Suku, Ini Kata Takdirman..

Selasa, 10 September 2019 - 08:05:02
Plt Kadis PMD Batanghari Drs. Takdirman. MH

Plt Kadis PMD Batanghari Drs. Takdirman. MH

MUARATEMBESI - Terkait dugaan penyelewengan Dana Desa Pematang Lima Suku yang terletak diwilayah Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batang Hari masih menjadi tanda tanya. Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak - pihak terkait.

Menanggapi masalah tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( PMD ) akan melakukan kordinasi dengan pihak - pihak terkait interennya, terutama dengan pendamping Desa dan tenaga ahli. Sebagaimana telah diketahui Desa Pematang Lima Suku, Dalam pelaksanaan dana desa tersebut itu didampingi oleh TP4D.

" Dalam hal ini Kejaksaan Cabang muara tembesi, karna sudah menjadi tugas pokok TP4D. Bila mana ada laporan atau pemberitaan yang tidak sesuai dengan RAB atau APBDes kami dari Dinas PMD menyarankan TPK bersama Kepala Desa tersebut selaku penanggung jawab pelaksana kegiatan agar berkordinasi dengan TP4D terlebih dahulu, apakah itu benar, apa ada yang kurang dalam pelaksanaan tersebut, insyallah TP4D akan memberikan saran ataupun rekomendasi," ujar PLT Dinas PMD, Drs. Takdirman. MH beberapa hari lalu saat dikonfirmasi Awak Media.

Menurut Takdirman, TP4D yang telah dibentuk berdasarkan Peraturan, Sebagai tempat bertanya dari segi Hukum, kelayakan, Apakah sudah benar apa belum dalam mengelolah Dana Desa tersebut.

" Dan bilamana nanti dalam pelaksanaan kegiatan di Desa Pematang Lima Suku Tersebut terdapat penyimpangan dari RAB maupun APBDes tidak sesuai dengan yang direncanakan, baru kita akan merujuk dari hasil pemeriksaan Inspektorat selaku pengawasan dari pemerintah Daerah. Semua tergantung dari hasil pemeriksaan, " beber Takirman.

Sementara itu, beberapa pekan lalu Kacabjari Muara Tembesi belum bisa memberikan keterangan Resmi tentang dugan penyelewengan Dana Desa yang telah menjadi sorotan, telah terjadi di Desa Pematang Lima Suku Kecamatan Muara Tembesi dan hingga berita ini diterbitkan kembali pihak Kacabjari Muara Tembesi belum bisa dikonfirmasi.

Penulis: Chairudin
Editor: Riyan