Jumat, 6 Desember 2019

Reski Darosa Berhasil Dongkrak Kesehatan Reproduksi Melalui Remaja

Senin, 30 September 2019 - 13:54:55
Reski Darosa,AM.Keb Pelopor DUTA KESPRO puskesmas Sungai Puar Kecamatan Mersam

Reski Darosa,AM.Keb Pelopor DUTA KESPRO puskesmas Sungai Puar Kecamatan Mersam

BATANGHARI – Salah satu bidan di Puskesmas Sungai Puar kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari Reski Darosa, AM. Keb berhasil mendongkrak Remaja di kecamatan Mersam melalui komunitas Remaja dalam menyampaikan informasi ilmu kesehatan. Bidan satu ini memulai kegiatan sejak oktober 2018 lalu dengan membentuk Duta dari setiap desa di kecamatan Mersam.

Reski Darosa,AM.Keb diwawancarai menyamapaikan melalui Duta Kespro dapat menjadi perpanjangan tangan di masyarakat oleh remaja tentang kesehatan. “ Jadi mereka saya didik, nanti mereka mendidik lagi remaja lainnya dan seterusnya. Karena sebagai Duta pelopor Kespro saya juga tidak bisa mencover keseluruhan kegiatan penyuluhan maupun infromasi kesehatan kepada remaja tentu saya sangat memerlukan remaja di kecamtan Mersam ini,” ujar Reski.

Bidan yang sehari-hari bekerja di Puskesmas Sungai Puar ini mengatakan, Duta Kespro ini  mulai dibentun sejak oktober 2018 lalu, dimana pada saat itu hal ini disampaikan oleh pimpinan Puskesmas Sungai Puar. Alhasil program yang saya sampaikan ini diapresiasi oleh Kapus Sungai Puar Dokter Hj Anita Dewi. Pada April s/d Juni 2019 Duta Kespro ini diseleksi yang diambil perwakilan dari setiap desa. “ Didalam program kesehatan produksi ini seperti Dinas kesehatan,Puskesmas, Kades dan Karang taruna,” kata Reski.

Ia juga menjelaskan, Dalam perjalanannya sepuluh orang remaja yang diambil dari anggota karang taruna desa di ikut sertakan dalam seleksi. Dari seleksi setiap desa tersebut diambil satu orang perwakilan desa yang akan menjadi Duta Kespro yang dinobatkan menjadi terbaik satu, dua, tiga dan harapan.

Untuk pengembangan Duta Kespro yang telah dipilih kedepan sangat diharpakan kepada seluruh desa di kecamatan mersam dapat bersinergi, dalam menganggarkan dari desa untuk pengembangannya. “ Saya pernah hadir dibeberapa desa dalam musdes disitu saya minta agar desa menganggarkan pengembangan kesehatan ini untuk tahun 2020 mendatang,” cetusnya.

Sementara kelanjutan dari Duta Kespro yang telah terpilih harus tetap bersemangat dalam mengembangkan kesehatan produksi ini, karena memang setelah dua tahun berjalan akan dievaluasi, jika program Kespro ini memang ada peningkatan yang signifikan berkemungkinan akan mengikuti lomba di tingkat provinsi Jambi.

“ Dua tahun jika mengalami progres yang sangat baik bisa mengikuti lomba di tingkat provinsi, jadi program Duta Kespro ini merupakan inovasi dari program PKPR,” imbuh Reski.

Harapan Pelopor Kespro kecamatan Mersam ini mengharapkan, Duta Kespro yang telah dipilih dapat meneruskan perjuangan dalam mengembangkan dan meningkatkan kesehatan produksi di tengah masyarakat baik remaja maupun ditingkat keluarga. 

Penulis: Kms Chairudin
Editor: Ryan