Kamis, 30 Januari 2020

Zulfadli : Semester Ganjil Uji Materi Yang Diserap Siswa

Selasa, 10 Desember 2019 - 18:46:08
Ilustrasi

Ilustrasi

BATANGHARINEWS.COM, MUARABULIANSejak Juli lalu, proses belajar dan mengajar di sekolah telah dimulai. Berdasarkan kalender pendidikan tahun pelajaran 2019/2020, sekolah melakukan tahap ujian melihat hasil KBM sebagai landasan penilaian akhir smester ganjil. Senin (09/12/2019) kemarin Sekolah di kabupaten Batanghari melaksaakan ujian Semester Ganjil, mulai dari tingkat SD dan SMP sederajat.

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Zulfadli, M.Pd diwawancarai diruang kerjanya mengatakan, saat ini sekolah mulai dari tingkat SD dan SMP sederajat tengah melaksanakan ujian semester sebagai penilaian hasil kegiatan belajar mengajar. Ujian ini dilaksakan selama satu minggu sejak 09 s/d 13 Desember 2019 mendatang.

“Kurang lebih satu minggu siswa-siswi kita melaksanakan ujian semester ganjil ini,” ujar Kabid Dikdas.

Dijelaskannya, pada ujian semester ini sesuai dengan silabus SKKD yang telah ditetapkan soal ditetapkan oleh masing-masing sekolah. Ujian semester Ganjil ini jelas untuk menguji kemampuan dan pengetahuan yang telah diajarkan ke peserta didik. Dari ujian ini dilihat sejauh mana pengetahuan anak yang diserap selama proses KBM.

“Harapannya materi di semester pertama ini dapat dikuasai peserta didik. Untuk pesan guru agar dapat umpan balik terhadap ujian ini, kalau masih kurang hasilnya, guru hasil mengkaji kembali untuk perbaikan di semester akan datang,” tandas Zulfadli.

Lanjut ia mengatakan, setelah ujian sekolah akan menyelenggarakan class meting lomba kegiatan kesiswaan menjelang pembagian Buku Raport kepada siswa. Setelah itu, siswa-siswi akan diliburkan pasca ujian dan pebagian laporan belajar semester Ganjil tahun 2019-2020.

Penulis: Kms Chairudin
Editor: Riyan