Senin, 21 September 2020

Wali Murid Ikut Lantik Penegak Bantara dan Laksana SMAN 2 Batanghari

Senin, 09 Maret 2020 - 17:06:07
Pelantikan Penegak Bantara dan Laksana SMAN 2 Batnghari

Pelantikan Penegak Bantara dan Laksana SMAN 2 Batnghari

MUARATEMBESI – Setelah mengikuti rangkaian kegiatan syarat kecakapan umum (SKU) gugus depan pangkalan pramuka SMAN 2 Batanghari melantik calon bantara dan laksana tahun 2020. Dalam prosesi pengangkatan ini wali murid secara lansung dilibatkan sebagai wujud apresiasi kepada siswa yang lulus dalam uji kenaikan pangkat pada kepramukaan tersebut.

Pembina Pramuka SMAN 2 Batanghari Kakak Rahma Kartika, S.Sos diwawancarai usai pelaksanaan pengangkatan gudep Penegak Bantara dan Laksana, Senin (09/03/2020) kemarin mengatakan, pramuka di SMAN 2 Batanghari ada yang belum Bantara dan dari bantara naik ke tingkat Laksana. “ Yang naik ke Bantara ada 23 siswa,sedangkan dari Bantara ke laksana ada 11 orang siswa. Alhamdulillah kita bersama wali murid lansung mengangkat siswa-siswi SMAN 2 yang aktif pramuka ini,” ujarnya.

Sebelum pengankatan ini Pembina Kakak Rahma menyebutkan, siswa-siswi pramuka SMAN 2 Batanghari mengikuti prosesi pengembaraan pada 27 Februari s/d 1 maret 2020 lalu di Gunung tujuh kerinci. Mengingat kakak Kamabigus baru sangat mendukung kegiatan kepramukaan siswa ini, sehingga sinergi pramuka di SMAN 2 Batanghari dapat membawa pengembaraan anak ke alam luar.

“ Ini sangat kami apresiasi kepada kakak kamabigus dan orang tua siswa, yang selama ini hanya cerita, pelatihan fisik di sekolah tapi kali ini pramuka di SMAN 2 dapat terdorong dan termotivasi kegiatan alam luar,” cetus Kakak Rahma.

Rasa syukurnya lanjut Kakak Pembina menyebutkan, saat ini SMAN 2 Batanghari ditunjuk dari kwarda menjadi pilot project pramuka Garuda, dikarenakan saat ini kita memiliki pramuka Garuda ada enam.

“ Dengan adanya kegiatan kepramukaan ini yang tergolong baru, bisa menarik siswa yang mengikuti kegiatan pramuka lebih banyak dan kreatif. Selain itu, dengan pramuka harus kita dapat membentuk karakter, disiplin, berani dan bertanggung jawab sesuai dengan dasa darma,” sebutnya.

Kakak Kamabigus SMAN 2 Batanghari Alfakihi juga memberikan apresiasi kepada wali murid SMAN 2 Batanghari yang terus bersinergi untuk pramuka SMAN 2 Batanghari. “ Berkat dukungan dan kepercayaan orang tua siswa anak- anak ini bisa mengikuti pengembaraan ke alam terbuka di Gunung Tujuh Kerinci beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Ia memaparkan, dalam rangkaian pengisian SKU calon penegak bantara dan laksana di pangkalan SMAN 2 Batanghari, sebelumnya juga telah melakukan beberapa persiapan sebelum pengembaraan di alam terbuka  tersebut. Sehingga, Pembina pramuka juga melakukan persiapan cukup matang selama satu bulan lebih, baik dari segi fisik, mental dan pengetahuan apa yang akan dilakukan dialam terbuka semua diajarkan.

“ Sebelum siswa-siswi Pramuka ini melaksanakan SKU nya, terlebih dahulu diajarkan bagaimana teknik mendaki, mengatasi insenden, perlengkapan yang mendukung kegiatan di alam terbuka, dan yang terpenting secara lansung kakak kamabigus, pembina turun lansung ke lokasi, bahkan sudah ada kordinasi dengan kapolsek setempat, sebelum kegiatan dilaksanakan,” jelas Alfakihi.

Pendakian Gunung ini sebenarnya sederhana, bagaimana memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa alam itu tidak untuk dilawan, tetapi bagaiman beradaptasi dengan alam.  Tentu saja kegiatan pramuka ke alam terbuka secara lansung ini diberikan pemahaman secara spesifik oleh pembina di sekolah.

“ Rasa bersyukur juga, sampai kegiatan SKU calon bantara dan laksana hingga diangkatannya pada hari ini berjalan dengan lancar dan khidmad, bahkan kami sangat bangga kepada wali murid yang terus mendukung kegiatan kesiswaan di SMAN 2 Batanghari sampai detik ini,” tandasnya.

Kedepan, Pramuka yang merupakan eskul wajib ini dapat bertambah banyak kedepan,persentase yang mengikuti kegiatan ini terus meningkat. Mengingat SMAN 2 Batanghari sebagai Gudep paling aktif. Selain itu juga, tak kalah penting, melalui pramuka anak SMAN 2 juga pernah mendapat beasiswa melalui pramuka ini. " Artinya, banyak mamfaat yang didapat didalam pramuka, selain membentuk karakter anak bahkan lansung melatih mental siswa di luar sekolah, serta kegiatan belajar mengajar yang tidak monoton," imbuh Kepsek SMAN 2 Batanghari.

Alfakihi juga juga menyebutkan, Secara lansung Kamabigus, pembina dan wali murid memasangkan lencana secara lansung kepada 23 Bantara dan 11 Laksana yang diangkat. Sehingga total siswa yang aktif pramuka di SMAN 2 Batanghari tahun 2020 ini tercatat sebanyak 60 orang.  

" Semoga Pramuka di pangkalan SMAN 2 Batanghari terus konsisten dan terimkasih kepada kakak pembina yang telah mendidik siswa sampai ke tingkat saat ini," pungkasnya.

Penulis: Kms Chairudin
Editor: Elmirayyan
Sumber: www.batangharinews.com