Kamis, 28 Januari 2021

KBM Tatap Muka SMAN 8 Batanghari Akan Terapkan Shift Genap-Ganjil

Senin, 11 Januari 2021 - 13:40:54
Kepsek SMAN 8 Batang Hari, Amir Husin,S.Pd, Senin (11/01/2021)

Kepsek SMAN 8 Batang Hari, Amir Husin,S.Pd, Senin (11/01/2021)

MUARABULIAN  - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 8 Batanghari telah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) guna pelaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka di kelas. Setelah ditunda kembali pasca liburan semester Ganjil, pemerintah provinsi Jambi telah melakukan pertemuan dengan perwakilan SMA sederajat pada 07 Januari 2020 untuk persiapan belajar semster genap tahun pelajaran 2020/2021 dibuka kembali.

“ Untuk KBM tatap muka diperikan mulai dilaksanakan di awal bulan februari 2021, mengingat ada waktu tiga minggu setelah keputusan bersama yang telah disepakati,” ujar  Kepsek SMAN 8 Batanghari Amir Husin, Senin (11/01/2021).

Kepsek menjelaskan, sistem shift yang akan diterapkan dengan absen siswa yang nomornya genap dan ganjil dipisahkan. “ Jadi, hari Senin, Rabu dan Jum’at siswa yang masuk bernomor ganjil dan hari lainya bernomor genap, ini merupakan hasil kesepakan SMA dan SMK sederajat bersama dinas pendidikan Provinsi Jambi, berlaku untuk seluruhnya,” paparnya.

Hal tersebut juga dilandasi dengan surat edaran Gubernur yang diterima, bahwa untuk KBM tatap muka diserahkan kepada dinas pendidikan, dengan rambu-rambu dari SKB empat menteri beberapa waktu lalu. Menyikapi hal tersebut, hasil kesepakatan juga sejak tanggal disepakati, sekolah diberi waktu tiga minggu untuk mempersiapakan kegiatan belajar tatap muka.

“Minggu pertama, ursan administrasi seperti kerjasama dengan puskesmas, satgas covid-19 kecamata, dan perjanjian proses izin orang tua untuk belajar tatap muka, sejauh ini kita sedang memperisiapkan itu, untuk izin sedang kita lakukan, yang lain kita sudah melakukan penyemprotan rutin disinfektan ke ruang belajar dan lingkungan sekolah,” kata Amir Husin.

Selain itu, Ia menyampaikan untuk kesiapan protokol kesehatan sendiri SMAN 8 Batanghari akan menambah sarana prasana yang sebelumnya sudah siap akan tambah. Seperti penambahan tempat cuci tangan pada setiap kelas dan pojok strategis, handsanitizer, masker dan perlengkapan lainnya.

Untuk Guru sendiri tidak di shift kan, akan tetapi waktu jam mengajar dipangkas yang sebelumnya 45 menit menjadi 30 menit per mata pelajaran.” Mirip dengan pembelajaran di saat bulan suci Rhamadan waktu belajarnya. Selain itu, KBM tatap mukan nanti juga bahwa siswa membawa perlengakapan makan dari rumah mengingat Kantin sekolah total di tutup,” jelas Kepsek.

Dengan dilaksanakan kembali KBM tatap muka di tengah Covid-19 ini nanti dapat meningkatkan mutu siswa lebih baik kembali. Dikarenan dari hasil evaluasi belajar darign sangat jauh sekali output mutu siswa. Mengingat, memang arahan, motivasi dan pendidikan akhlak tidak pernah dilakukan karena memang keterbatasan aturan yang berlaku.

Kepsek SMAN 8 Batanghari berharap, untuk KBM tatap muka masyarkaat, orang tua dapat memahami agar dapat bersama menghindari kerumunan, menjaga kesehatan.

Penulis: Kms Chairudin
Editor: Elmirayyan