Sabtu, 1 Oktober 2022

Dinas Pepustakaan Luncurkan Belasan Karya Tulis Buku

Kamis, 02 Desember 2021 - 10:04:12

MUARABULIAN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Batanghari kukuhkan Perkumpulan Penulis dan Penggiat Literasi (PPPL) Batanghari, 


"Agenda hari ini pengukuhan terhadap perkumpulan penulis dan penggiat literasi, kita berharap nanti para mereka dapat menyalurkan bakatnya melalui wadah PPPL ini agar bisa lebih maju," terang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Zul Padli, Selasa (30/11/2021).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah M. Azan, Wakil Bunda Baca Ibu Ir. Nuraini Zubir Bakhtiar, Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Zul Padli serta staf dan peserta PPPL.


Dikatakan Zulfaldi, dari September hingga Nopember 2021 PPPL berhasil menerbitkan 17 karya yakni Media belajar surat dinas, Ulir : kumpulan puisi, Si hidung mancung, Panduan praktikum biologi, Potensi kriya lokal Batanghari, Jangan abai dia bernilai, Sejuta sajak buat lara, Manajemen sekolah ber-pasword, Metode store untuk kelas menyenangkan : program keahlian bisnis daring, Dari Brata hingga jawara, 


"Kemudian ada Permainan meronce perkembangan motorik halus anak, Dandelion, belajar dari sang bunga,   Rembo : fabel dwibahasa, Kekuatan hati (Kumpulan Puisi), Zil pencuri kehidupan (Kumpulan Cerpen Fantasi), Menulis Puisi Bebas dengan Picture and Picture dan Concept Sentence. Untuk jumlah penulis yang tergabung lebih dari 100 orang, kita harapkan para penulis ini dapat membuat buku-buku yang bermanfaat untuk dunia pendidikan," katanya.


"Pemda sangat mensupport seperti yang disampaikan pak Sekda tadi dan kedepan apabila badan hukum PPPL telah ada, akan di payungi, dilindungi dan mudah-mudahan akan diberikan insentif bagi para penulis ini," sambungnya.


Dijelaskan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah beberapa kegiatan yang berlangsung dari Pendidik, Anak Didik, Penggiat Literasi.


"Yakni deklarasi perkumpulan penulis dan penggiat literasi, apresiasi karya tulis dari penulis dan penggiat literasi, apresiasi lomba sinopsis tingkat SMP dan sederajat, lomba pidato tingkat SMA sederajat," pungkasnya.

Penulis: Kms Chairudin
Editor: Ch/El